Advertisement

Yamaha Scorpio Z Edisi Terakhir 2014

Yamaha Motor memiliki banyak sekali produk yang menyasar kepada berbagai segmen pengguna. Yamaha pun mengeluarkan edisi terbaru dari lini Scorpio pada tahun 2013 lalu. Yamaha scorpio Z adalah lini motor yang ditujukan untuk segmen motor sport yang digunakan khusus untuk touring. Biasanya motor yang dikhususkan untuk keperluan touring memiliki desain bagian ekor yang lebih rendah dibandingkan bagian depannya. Yamaha New Scorpio Z yang paling baru memiliki karakteristik tersebut, dengan packaging yang apik juga.

Hadirnya beberapa varian terbaru Yamaha pada tahun 2014 ini membuat produksi Yamaha Scorpio Z tak akan dilanjutkan. Yamaha telah menyiapkan Yamaha R25 sebagai pengganti Yamaha Scorpio. Oleh karena itu, motor Yamaha Scorpion Limited Edition yang diluncurkan pada event di Bali akhir Januari menjadi Edisi Terakhir dari New Scorpio Z ini. New Scorpio Z ini menjadi Motor keluaran terakhir Scorpio dan menjadi motor limited edition karena cuma diproduksi 1.000 unit saja untuk pasar Indonesia.

Ada beberapa alasan mengapa pengguna motor sport cenderung memilih New Scorpio Z 225. Yang pertama adalah dimensi body dari motor. Motor ini memiliki tubuh yang lebih besar dan berbobot dibandingkan saudaranya Vixion dan Byson. Ukuran yang besar memiliki dua keuntungan dibandingkan motor yang berukuran yang lebih kecil. Yamaha scorpio Z pasti akan lebih stabil digunakan dalam jarak jauh karena bobotnya yang berat dan ukurannya yang besar. Untuk pria berbadan besar, anda juga akan terlihat lebih pantas menunggangi Scorpio dibandingkan Vixion yang lebih kecil.

Selain ukuran, harga dari Scorpio yang sedikit mahal ketika diluncurkan dulu meski dengan kubikasi mesin sebesar 225 cc yang tanggung, agaknya mengartikan bahwa teknologi yang tertanam di motor ini pastilah sangat apik. Jika anda memang memiliki budget yang pas untuk membeli Yamaha scorpio, anda patut membeli produk ini. Untuk membeli merek lain dengan budget yang sama anda belum tentu mendapatkan kestablian yang diberikan Scorpio. Terlebih lagi, perawatan Yamaha scorpio Z jauh lebih mudah dibandingkan dengan perawatan motor merek lainnya. Service centernya juga tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Tipe Mesin : 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Udara
Jumlah / Posisi Silinder : Cylinder Tunggal / Tegak
Volume Silinder : 225 cc
Diameter x Langkah : 70,0 x 58,0 mm
Perbandingan Kompresi : 9,5 : 1
Daya Maksimum : 13,4 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum : 17,5 Nm / 6500 rpm
Sistem Starter : Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan : Basah
Tipe Kopling : Basah, Kopling Manual, Multiplat
Tipe Transmisi : Return, 5 Kecepatan

Menurut forum pengguna Yamaha scorpio Z, motor ini memiliki performa yang super gahar dibandingkan motor lain dengan harga yang setara. Performa tersebut tidak hanya seputar bagaimana motor melaju di keramaian kota, tetapi juga ketika melewati jalan-jalan provinsi dan melakukan touring berhari-hari.

Menurut para pengguna Yamaha scorpio Z, motor pendahulu New Scorpio Z terlihat buruk dan kurang menarik. Tetapi hal tersebut tidak lagi dirasakan ketika New Scorpio Z mulai dipasarkan. Desain yang modern, buritan yang seksi, dan tampilan pendukung lainnya yang keren membuat pengguna Scorpio merasa bangga menunggangi motor ini. Motor dengan sebutan The Scorpion King ini ditawarkan dengan harga Rp.25.000.000 OTR Jabobatek.

Keuntungan yang terakhir adalah eksklusivitas. Lini Scorpio bisa kita akui sebagai lini yang kurang populer dan diminati. Kemungkinan besar karena orang Indonesia kebanyakan berbadan pendek dan kecil. Justru itu, motor ini malah akan jarang digunakan dan anda akan terlihat keren sendirian tanpa ada orang lain yang meniru. Motor ini tidak mainstream.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *