Advertisement

Yamaha Byson Terbaru Spesifikasi Lengkap

Yamaha byson ketika diluncurkan pertama kali pada tahun 2010, sukses menarik perhatian kalangan penyuka motor sport yang belum begitu advanced. Yamaha byson adalah produk Yamaha Motor yang ditujukan pada segmen sportbike entry level. Yamaha byson segera mampu meraih perhatian penyuka motor sport dan menjadi trendsetter sportbike pengguna entry level.

Semenjak pertama kali diluncurkan pada tahun 2010, setiap tahunnya tidak mengalami perubahan mendasar pada spesifikasi mesin dan teknis. Hanya ada perubahan set warna dan desain striping saja. Perubahan yang terjadi pada Yamaha byson pun cenderung minor. Pada tahun keduanya dipasarkan, Yamaha byson mendapatkan lima set warna terbaru dan desain striping yang lebih mengkilat. Pada tahun 2012, Yamaha Motor memutuskan bahwa mengkilap adalah hal yang bagus ketika warna dasar dari motor adalah hitam. Set warna yang diluncurkan pada tahun 2012 didominasi oleh warna hitam dengan aksen warna-warna lainnya. Sementara pada tahun 2013, warna gelap masih menjadi warna yang dominan. Hanya saja, tampilan motor menjadi lebih segar.

Motor yang memiliki kode FZ-16 ini dianggap tidak begitu advanced di kalangan pengguna motor sport yang sudah senior atau tingkat lanjut. Memang motor ini didesain untuk pengguna motor sport kalangan entry level. Motor ini menghasilkan tenaga yang bisa dikategorikan sebagai medioker untuk motor sport. Dengan mesin 4 tak berkatup SOHC ganda bervolume 153 cc, motor yang memiliki karakteristik utama berupa emblem berupa tengkorak bison ini, berhasil menghasilkan daya maksimum sebesar 10.1 kW / 7500 rotasi per menit. Tenaga sebesar itu tidak mampu menyaingi motor-motor sport Yamaha atau merek lain yang ditujukan untuk level menengah atau level lanjutan.

Dimensi
PxLxT(mm) :2.075x780x1.045
Jarak Sumbu Roda :1.334mm
Jarak Terendah ke tanah :160mm
Tinggi tempat duduk :790mm
Berat :137kg
Kapasitas Tangki :12liter

Mesin
Tipe Mesin :4langkah,2 valve SOHC,Berpendingin cair
Jumlah Silinder :Silinder tunggal tegak
Volume Silinder :153cc
DiameterxLangkah :58,0mmx57,9mm
Perbandingan Kompresi :9,5:1
Daya Maksimum :13,73PS(10,1kW)/7.500rpm
Torsi Maksimum :13,6Nm(1.39kgf.m)/6000rpm
Sistem Starter :Electric Starter dan Kick Starter
Sistem Pelumasan :Basah
Kapasitas Oli Mesin :1.2Liter
Transmisi :5 speed

Rangka
Tipe Rangka :Diamond
Suspensi Depan :Teleskopik
SUspensi Belakang :Lengan Ayun, suspensi adjustable Monocross
Ban Depan :100/80-17MC 52P
Ban Belakang :120/70-17MC 58P
Rem Depan :Cakram
Rem Belakang :Tromol

Pada saat diluncurkan hingga tahun 2013, Yamaha byson masih menggunakan sistem pengapian karburator yang untuk zaman sekarang sudah agak kuno dan kurang modern. Tetapi di motor Yamaha byson yang dirilis pada awal tahun 2014 ini sudah memiliki teknologi fuel injection yang sudah terbukti akan membuat penggunaan bahan bakar lebih efisien dan ramah lingkungan.

Yamaha byson 2014 juga tidak dilengkapi dengan rem cakram di kedua ban. Hanya ada cakram di bagian depan motor. Sementara itu, di bagian belakang, hanya terdapat rem tromol. Ketiadaan fuel injection dan rem cakram tersebut mengesankan bahwa motor ini memang tidak patut digunakan untuk penggunaan tingkat lanjut. Tetapi untuk pengguna entry level, hal tersebut sudah lebih dari cukup.

Daya tarik utama dari Yamaha byson ini terdapat pada desain motor yang sangat macho dan terkesan berotot. Siluet motor Byson ini terlihat sangat penuh dan bulky di bagian tangki bensin menyebabkan motor ini terlihat garang, apalagi siluet motor tersebut menyerupai tengkorak banteng. Yamaha Byson 2014 dibandrol dengan harga Rp 21.500.000. Harga tersebut ada harga on the road untuk wilayah Jabodetabek. Jadi kesimpulannya, motor ini memiliki spesifikasi yang oke dan desain yang sangat bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *