Advertisement

Sejarah Astra Honda Motor

Astra Honda Motor – Sepeda motor Honda tentu sudah tidak asing bagi konsumen di Indonesia. Sepeda Motor Honda sendiri telah menjadi kendaraan dengan penjualan tertinggi di Indonesia. Beragam varian sepeda motor Honda bisa kita dapatkan dengan mudah saat ini. Diawali di negeri sakura Pelopor mesin Honda Shoichiro Honda pada masa rekonstruksi jepang 1940 mulai membuat sepeda dengan mesin motor sebagai penggerak yang diberi nama A-Type.

honda-a-type-1947

 

Kemudian mulailah didirikan Honda Motor Company yang memproduksi sepeda motor. Type Sepeda motor pertama yang dibuat Honda adalah Dream D-Type 99cc.

honda-Dream-D-type-1950

Sejarah Perkembangan Astra Honda Motor 

Kita mengenal bahwa Astra Honda Motor adalah salah satu penyuplai kendaraan sepeda motor Honda di Indonesia. PT Astra Honda motor mulanya adalah bernama PT.Federal motor yang didirikan pada tahun 1971 yang kepemilikannya oleh PT Astra International. Kala itu semua komponen sepeda motor Honda di impor langsung dari japan dan PT. Federal motor tinggal merakit saja. Type S90 Z 90cc dengan mesin 4 tak merupakan motor pertama yang diproduksi oleh PT Federal Motor dan produksinya berkembang sampai saat ini.

Honda s90z

Dengan adanya aturan mengenai lokalisasi komponen otomotif yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia maka PT.Federal motor mulai memproduksi komponen sepeda motor yang disubkan pada beberapa anak perusahaannya. Beberapa kebijakan dalam produksi komponen motor mulai dibuat untuk mengakomodasi kebijakan pemerintah tersebut. Beberapa komponen dibuat oleh masing masing anak perusahaan PT. Federal Motor. Untuk komponen rangka, roda, knalpot diproduksi oleh PT Honda sedangkan komponen perdam kejut diproduksi oleh PT Showa Manufacturing Indonesia sedangkan untuk mesin sepeda motor Honda diserahkan pada PT Honda Astra Engine Manufacturing (1984). Khusus komponen piston diproduksi oleh PT Federal Izumi Manufacturing.

Honda CBR 250

Untuk dapat terus eksis dalam pasar sepeda motor maka di tahun 2000 PT. Federal Motor dimerger dengan bebrapa anak perusahaannya menjadi PT. Astra Honda Motor yang sahamnya dimiliki oleh PT. Astra International dan Honda Motor Company. Hingga Saat ini, PT Astra Honda Motor telah mampu memproduksi 3 juta unit kendaraan sepeda motor dengan dukungan 3 fasilitas pabrik perakitan. Beragam Motor Sport, bebek dan matic terus diproduksi oleh Astra Honda Motor untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Sebut saja beberapa type yang laris dipasaran seperti Honda CBR, Tiger, Megapro, Supra, Revo, Vario, beat dan Scoopy terus diproduksi oleh Astra Honda Motor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *