Advertisement

Benelli Motor Sport

Benelli telah berdiri sejak 1911 di Italia dan menjadi salah satu produsen motor tertua di dunia. Berawal dari sebuah Bengkel perbaikan untuk mobil dan motor milik seorang janda Teresa Benelli lalu berkembang dan mulai memproduksi sparepart sendiri. Motor pertama yang mereka ciptakan ditahun 1921 adalah motor dengan mesin 1 silinder 2 tak 75 cc.

Salah satu putra bellini ternyata memiliki bakat didunia balap sehingga mampu memperkenalkan produk mereka pada ajang balap yang digelar kala itu. Menggunakan Benelli 175, Torino Benelli hampir memenangkan 4 seri kejuaraan sepeda motor di Italia hampir secara berurutan yaitu tahun 1927, 1928 dan 1930 (suspensi single) dan tahun 1931 (double suspensi).

Produk sepeda motor Bellini memang didesain dengan inovasi yang terus dikembangkan. Semua produknya memiliki detail desain yang unik mulai dari tipe 50 liter Scooter “491” ke tipe motor skuter, “666” Style ; dari tipe “Open Studio” Skuter “Adiva” ke Tornado 900 Tre”. Pada tahun 2002 Benelli mengembangkan produk motor sporty dengan menggunakan mesin 3 silinder yang terus dikembangkan serta tetap mempertahankan karakteristik, fitur dan fungsinya.

Pada tahun 1962, Benelli dan Motobi (didirikan oleh Giuseppe Benelli pada tahun 1949 setelah terjadi perselisihan dengan saudara-saudaranya, tetapi kemudian kembali masuk ketika masalah sudah diselesaikan) memproduksi sekitar 300 sepeda motor per hari dan memiliki 550 pegawai.
Pada akhir tahun 1960an, terjadi krisis pada industri sepeda motor di Eropa, ketika pabrikan sepeda motor Jepang mulai masuk kesana.

Benelli mengalami perubahan kepemilikan tapi tidak berhenti melakukan inovasi contohnya pada pertengahan tahun 1960 Benelli mendesain mesin 6 silinder. Meskipun begitu tetap saja Benelli kehilangan segmen pasarnya karena persaingan oleh pabrikan Jepang. Hal ini mengakibatkan Benelli berhenti produksi untuk sementara.

Pada tahun 1989 dengan dukungan dari Giancarlo Selci (Pabrikan Pesaro), pabrikan Benelli mencoba untuk bangkit tetapi tidak berhasil karena waktu yang belum tepat.

Pada tahun 1995 ketika Andrea Merloni mengambil alih, kebangkitan perusahaan mulai terlihat dan menjadi kenyataan seiring dengan dikeluarkan tipe Tornado 900 Tre Super Sport Bike pada tahun 2002 dan tipe TNT The Explosive Roadster saat ini. (source : Benelli Indonesia)

Advertisement

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *